Wednesday, November 7, 2007

THE GOD WHO FINALLY WON OSCAR

Oleh : Damar Ardi


Tahun 2007 ini merupakan tahun yang terpenting bagi Martin Scorsese, karena akhirnya setelah sekian lama ia mendapatkan penghargaan Piala Oscar sebagai sutradara terbaik lewat film The Departed. Dia disebut-sebut sebagai salah satu legenda perfilman dunia selain Alfred Hitchcock, Orson Welles, Steven Spielberg, Stanley Kubrick, dan Francis Ford Coppola.

Martin Scorsese adalah seorang sutradara yang sarat pengalaman. Ia merupakan alumni dari jurusan sinema di New York University dan sempat menjadi dosen setelah dia lulus dengan nilai yang memuaskan. Film pertamanya berjudul Who’s That Knocking At My Room (1967). Pada tahun 1973 dia menelurkan Mean Street yang merupakan kerjasama pertamanya dengan Robert De Niro. Film ini memperkenalkan gaya khas Martin Scorsese seperti setting kota New York , tokoh kesepian yang bergelut dengan sisi gelap dalam dirinya dan adegan kekerasan yang brutal. Setahun kemudian dia menggarap tema feminis lewat Alice Doesn’t Live Here Anymore (1974) yang mengantarkan Ellen Burstyn meraih pilala Oscar sebagai Best Actress.

Pada tahun 1976 dia menelurkan Taxi Driver yang sering dianggap sebagai salah satu mahakaryanya. Film tersebut dibintangi oleh anak emasnya, Robert De Niro sebagai Travis Bickle dan Jodie Foster yang meraih Piala Oscar untuk kategori Best Supporting Actress. Setelah Taxi Driver, berturut-turut dia menghasilkan New York- New York (1977) dan Raging Bull (1980) yang mengantarkan Robert De Niro meraih Piala Oscar. Setelah itu ia mengeluarkan The King of Comedy (1983), After Hours (1985), dan The Color of Money (1986).

Salah satu karya kontroversial Martin Scorsese adalah The Last Temptation of Christ (1988) yang menggambarkan sisi manusiawi Yesus Kristus. Film tersebut sempat dicekal di berbagai negara. 2 tahun kemudian dia mengangkat tema mafia melaui salah satu masterpiece-nya yang berjudul Goodfellas. Film tersebut dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu film mafia terbaik yang pernah ada selain The Godfather karya Francis Ford Coppola.

Setelah pada tahun 1991 menghasilkan karya remake Cape Fear, ia menelurkan film drama yang berjudul the Age of Innocence (1995) yang dibintangi oleh Daniel Day Lewis dan Michelle Pfeifer serta drama mafia yang berjudul Casino (1995). Setelah sempat gagal dengan Kundun (1997) dan Bringing Out The Dead (1999), ia meraih sukses lewat Gangs of New York (2002) dan The Aviator (2004) yang dibintangi oleh anak emasnya terbaru, Leonardo Di Caprio

Setelah sempat berulangkali gagal mendapatkan Oscar, walaupun dia sering mendapatkan nominasi Oscar, akhirnya tahun 2007 ia mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut sebagai sutradara terbaik melalui The Departed. Uniknya, film tersebut merupakan remake dari film Hongkong yang berjudul Infernal Affairs. Padahal dulu dia sempat di cap gagal dalam me-remake film Cape Fear.

Banyak orang berpendapat bahwa Martin Scorsese harusnya berhasil menyabet Oscar sejak film Raging Bull (1980) dimana ia dinominasikan sebagai sutrdara terbaik. Selain Raging Bull, sutradara kelahiran 17 November 1942 juga dinominasikan dalam The Last Temptaion of Christ, Goodfellas, The Age of Innocence, Gangs of New York, dan The Aviator. Padahal semua penghargaan bergengsi selain Oscar pernah dia terima, seperti Golden Palm (Cannes Film Festival), Golden Globe, Venice Film Festival, BAFTA, dan bahkan Grammy Awards saat dia menggarap video klip Bob Dylan.

No comments: